Harap Tunggu ....

Change Color

 

“Air Terjun Tancak” Obyek Wisata Alam Tersembunyi Di Desa Karang Sengon Kecamatan Klabang Kabupaten Bondowoso

Di Desa Karang Sengon Kecamatan Klabang, Kabupaten Bondowoso terdapat sebuah air terjun tersembunyi yang terletak Dusun Blangguan. Air terjun tersebut dikenal oleh masyarakat sekitar dengan sebutan “Air Terjun Tancak”. Jarak tempuh air terjun dari Balai Desa Karang Sengon kurang lebih 4 Km dengan estimasi waktu tempuh 1 jam. Ketinggian air terjun diperkirakan 3-4 meter dengan kondisi air yang cukup jernih dan tipe aliran sedang. Kondisi ekosistem di sekitar air terjun masih cukup asri. Hal tersebut dapat dilihat dari vegetasi yang tumbuh di sekitar aliran air yang cukup beragam seperti, alang-alang, rumput liar, lumut, dan tumbuhan paku-pakuan. Selain itu, juga terdapat biota air yang hidup di dalamnya seperti, ikan-ikan kecil dan udang.

            Untuk dapat mencapai lokasi air terjun, pengunjung dapat melewati 2 jalur utama. Jalur yang pertama, yaitu jalur perbukitan dan perkebunan kopi yang ada di Desa Karang Sengon. Sedangkan jalur yang kedua yaitu, jalur alternatif melewati desa sebelah (Desa Belimbing) yang dapat ditempuh menggunakan kendaraan bermotor. Akses jalan menuju lokasi air terjun masih tergolong cukup berat karena berupa jalan tanah berpasir dan bergelombang. Akan tetapi, hal tersebut tentunya tidak menjadi masalah besar bagi pengunjung yang pertama kali datang ke sana. Warga setempat yang menetap di dekat lokasi air terjun sangat ramah, sehingga pengunjung dapat menitipkan kendaraan dan beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki menuju lokasi air terjun. Tidak hanya ramah, tetapi warga setempat yang tingal di sana juga bersedia untuk mengantarkan pengunjung hingga sampai ke lokasi tujuan. Bagi pengunjung yang berjalan kaki menuju lokasi keberadaan air terjun, disuguhkan oleh pemandangan alam yang masih asri dan perkebunan kopi milik warga setempat.

Walaupun air terjun “Tancak” yang berada di Desa Karang Sengon ini tergolong masih baru dan belum banyak dikenal oleh masyarakat luas, tetapi air terjun tersebut memiliki daya tarik tersendiri sehingga cocok dan berpotensi untuk dikembangkan menjadi obyek wisata alam. Pemandangan di sekitar air terjun yang masih alami dengan bebatuan besar yang ada di sana, cocok untuk dijadikan spot fotografi yang aesthetic. Di samping itu, kondisi bebatuan air terjun yang besar dan lumayan datar juga dapat dijadikan sebagai tempat camping yang cocok bagi pecinta alam. Dengan demikian, air terjun “Tancak” yang ada di Desa Karang Sengon ini memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut menjadi obyek wisata alam.

Ada pertanyaan silahkan hubungi kami

Hubungi Kami di (0000) 000 000