Peremajaan Situs Megalitikum Arca, Menhir, dan Sarkofagus

Mahasiswa KKN 12 melihat potensi wisata di situs megalitikum ini. Melihat kondisinya yang kurang terawat, tercetus ide untuk melakukan peremajaan. Peremajaan dilakukan dalam beberapa tahap, yakni persiapan, proses, dan penyelesaian. Persiapan dimulai dengan mengukur area situs. Pengukuran dilakukan sebagai acuan ketika proses pembuatan pagar. Tak lupa juga mahasiswa KKN 12 dibantu warga membersihkan area sekitar situs. Masih ditahap persiapan, mahasiswa KKN 12 melakukan survei bahan seperti bambu dan kayu yang bisa digunakan.

Tahap selanjutnya yaitu proses. Mahasiswa KKN 12 dibantu warga sekitar mulai memotong dan merangkai bambu sesuai ukuran lalu dirangkai membentuk pagar. Pagar dibuat tidak terlalu rapat agar situs budaya dapat terlihat. Bambu yang sudah dirangkai menjadi pagar di cat dengan warna merah dan putih. Pengecatan bertujuan agar pagar tahan lama. Pemasangan pagar selain mempercantik situs, juga menghalangi ternak warga mengotori situs.

Pemasangan papan nama menjadi tahap akhir dari proses peremajaan. Papan nama terbuat dari papan kayu yang telah dihaluskan lalu di plamir dan dibuat tulisan. Papan nama ditancapkan ditanah dengan batang kayu sebagai pasaknya.


Hari Jum’at, 14 Februari 2020 bertempat di dusun Sumber Desa Karang Sengon mahasiswa KKN 12 dibantu warga selesai melakukan peremajaan situs megalitikum Arca, Menhir, dan Sarkofagus.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *