Menhir

    Merupakan salah satu jenis peninggalan budaya megalitik yang banyak ditemukan dan paling luas persebarannya. Pada umumnya menhir dibuat dari batu monolith, dan tidak terdapat tanda-tanda pengerjaannya namun memang sengaja didirikan oleh para pendukungnnya.

      Batu Menhir memiliki susunan dalam penataannya yaitu bisa berdiri sendiri, berkelompok dengan posisi membentuk formasi lingkaran, oval, berderet, dan tidak beraturan. Menhir biasanya dipergunakan sebagai media/sarana untuk upacara, terutama sebagai pemujaan nenek moyang. Terdapat beberapa pendapat mengenai Menhir yaitu untuk mengenang dan memperingati jasa ketua suku, dan juga sebagai media mendatangkan arwah kepala suku atas bahaya yang dihadapi masyarakat.

      Menhir yang terdapat di situs Karangsengon berjumlah dua buah kecil dan pendek, satu konteks dengan patung arca megalitik. Karena kedua benda tersebut berada dalam satu konteks maka dimungkinkan bahwa Menhir dan Arca Megalitik memiliki keterkaitan. Kemungkinan Menhir didirikan sebagai sarana untuk pelengkap dari Patung Arca megalitik yaitu sebagai sarana untuk mengenang arwah nenek moyang yang telah meninggal.

Source : Tim Ahli Cagar Budaya,Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bondowoso

Lokasi : Dusun Sumber
Lokasi : Dusun Sumber