Visi

Proses penyusunan RPJM Desa Karang sengon Kecamatan Karang sengon Kabupaten Bondowoso sebagai pedoman program kerja pemerintah desa, ini dilakukan oleh lembaga-lembaga tingkat desa dan seluruh warga masyarakat Karang sengon maupun para pihak yang berkepentingan. RPJM Desa adalah pedoman program kerja untuk masa enam tahun yang merupakan turunan dari sebuah cita-cita yang ingin dicapai di masa depan oleh segenap warga masyarakat Desa Karang sengon. Cita-cita masa depan sebagai tujuan jangka panjang yang ingin diraih Desa Karang sengon merupakan arah kebijakan dari RPJM Desa yang dirumuskan setiap 6 (enam) tahun sekali. Cita-cita masa depan Desa Karang sengon disebut juga sebagai Visi Desa Karang sengon.

Walaupun visi Desa Karang sengon secara normatif menjadi tanggung jawab kepala Desa, namun dalam penyusunannya melibatkan segenap warga Desa Karang sengon melalui rangkaian panjang diskusi-diskusi formal dan informal. Visi Desa Karang sengon semakin mendapatkan bentuknya bersamaan dengan terlaksananya rangkaian kegiatan dan musyawarah yang dilakukan untuk penyusunan RPJM Desa Karang sengon tahun 2015-2021 Dalam momentum inilah visi Desa Karang sengon yang merupakan harapan dan doa semakin mendekatkan dengan kenyataan yang ada di Desa dan masyarakat. Kenyataan dimaksud merupakan potensi, permasalahan, maupun hambatan yang ada di Desa dan masyarakatnya, yang ada pada saat ini maupun ke depan.

Keberadaan Visi ini merupakan cita-cita yang akan dituju di masa mendatang oleh segenap warga Desa Karang sengon. Dengan visi ini diharapkan akan terwujud masyarakat Desa Karang sengon yang maju dalam bidang pertanian sehingga bisa mengantarkan kehidupan yang rukun dan makmur. Di samping itu, diharapkan juga akan terjadi inovasi pembangunan desa di dalam berbagai bidang utamanya kesehatan, lingkungan, sarana dan prasarana serta koperasi usaha masyarakat yang ditopang oleh nilai-nilai keagamaan.